Berita Pelayanan Alumni Umum

Penyelam Alumni ITB Rayakan Hari Kemerdekaan RI 74 Tahun di bawah laut Parigi-Moutong

Tanggal 15 Agustus 2019 yang lalu, 10 orang team penyelam dari Pertamina Hulu Mahakam (PHM) yang merupakan anggota dari Blub Blub Scuba Diving Club bertolak ke Palu, Sulawesi Tengah untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 di tengah keindahan alam bawah laut di Parigi-Moutong. Dari 10 orang team penyelam tersebut 4 orang diantaranya merupakan alumni ITB yakni : Ruth Christiani Basa (Teknik Geofisika 2006), Kelik Moersidin (Teknik Geofisika 1997), I Made Putra(Magister Teknik Geologi 2015) dan Edy Suwito (Teknik Kimia 2004).

Perjalanan menuju Parigi-Moutong dari Palu memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat ke arah timur menuju Teluk Tomini. Parigi-Moutong sendiri terkenal dengan kondisi coral yang sehat dan luar biasa padat, bahkan di kedalaman air yang mencapai lebih dari 30 meter. Meskipun beberapa dampak dari gempa dahsyat yang menimpa Palu September 2018 lalu dapat terlihat, terutama pada coral yang berukuran sangat besar, namun keindahan dan kekayaan biota bawah laut Parigi Moutong tetaplah merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 2019, yaitu bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-74, beberapa team penyelam dari Pertamina Hulu Mahakam dan alumni ITB melaksanakan upacara bendera di dalam laut, yaitu di salah satu spot di area Ampibabo. 12 orang diver yang merupakan 10 orang diver dari PHM dan 2 orang guide dari Parigi-Moutong Equator Diving, bersama-sama membentangkan Bendera Merah Putih dikelilingi oleh kekayaan laut Indonesia yang melimpah.