Artikel Lifestyle, sosial dan Hobi Pesona

Mengenal Sanggam Patar Parlindungan Lumban Gaol

Sanggam menduduki posisi sebagai  Wakil Ketua di kepengurusan IA ITB Kaltim masa bakti 2016 hingga 2020. Beliau lahir di Tarutung(Sumatera Utara) pada tanggal 11 December 1970 dan kemudian masuk Jurusan Teknik Perminyakan ITB tahun 1989 dan lulus tahun 1995. Melanjutkan studi magister manajemen teknologi di ITS tahun 2012 dan lulus tahun 2015.

Anak pertama dari empat bersaudara ini sejak kecil sudah terbiasa hidup berpindah dari satu kota ke kota lain (Siantar, Jakarta, Ujung Pandang, Ambon, Klaten, Bandung) di seluruh Indonesia mengikuti penugasan orang tuanya. Kehidupan yang berpindah-pindah membuatnya terbiasa dengan keanekaragaman budaya, suku, agama dan adat istiadat di Indonesia sejak muda.

Walaupun namanya menunjukkan identitas ke-batak-an yang kuat, ‘cita rasa’ Jawa lekat menempel pada dirinya. Dia bertutur kata dengan halus, menyukai gudeg dan teh manis yang kental serta menikmati sekali tarian dan budaya Jawa. Candi Prambanan dan Borobudur adalah tempat wisata favorit yang selalu dikunjunginya setiap kali liburan. Sanggam adalah satu dari sedikit orang Batak yang sangat menggemari dan menekuni cerita Ramayana dan Mahabharata. Dia mempelajari kehidupan beserta konflik-konfliknya dari cerita itu.

Karir profesionalnya di dunia migas dimulai di Total EP Indonesia selama lebih dari 17 tahun, sebelum beliau bergabung dengan Pertamina Hulu Mahakam di awal 2018.